Programm studi Profesi Fisioterapi Universitas ‘Aisyiyah menginjak tahun ketiga untuk menurunkan calon mahasiswa profesi ke lahan klinik. “Praktek yang akan dilakukan ini merupakan salah satu tugas mulia untuk proses perkembangan tenaga kesehatan, terutama bagi fisioterapis.” Ujar Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Bapak Ruhyana, MAN saat memberikan pengarahan pengambilan janji praktek calon mahasiswa profesi fisioterapi UNISA, Sabtu (17/11).

Berdasarkan pengarahan yang diberikan, Bapak Ruhyana mengatakan bahwa para mahasiswa calon profesi fisioterapi ini tidak hanya membawa nama pribadi tetapi juga nama Universitas ‘Aisyiyah di lahan praktek. Sehingga beliau berharap mahasiswa bisa membawa nilai-nilai ‘Aisyiyah demi mengembangkan profesionalisme dan memperkuat kualitas profesi fisioterapi.

Pada hari yang sama Ketua Program Studi Fisioterapi Universitas ‘Aisyiyah  Yogyakarta Bapak M. Irfan, M.Fis  menjelaskan bahwa sebanyak 140 orang akan mengikuti pembelajaran profesi pada tahun ini. Mahasiswa telah mengikuti beberapa kegiatan untuk mempersiapkan diri terjun ke lahan praktik. Kegiatan tersebut adalah pembekalan yang diberikan oleh CE (Clinical Educator), pembekalan, ujian praktikum kelompok, dan pengambilan janji praktek pre profesi. Pengambilan janji sebelum praktek ini bertujuan agar mahasiswa selalu ingat etika profesi  dan tanggung jawab sebagai fisioterapi. Kegiatan pembelajaran program pendidikan tahap profesi ini diharapkan dapat memberikan luaran  profesi fisioterapi yang berkualitas demi kemajuan profesi fisioterapi.